Definisi Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah teknik pemasaran online yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dll. Strategi SEM menggunakan taktik berbayar untuk mendapatkan visibilitas pengguna di mesin pencari atau dikenal juga dengan Pay Per Click (PPC). Dengan SEM, Anda bisa mendatangkan trafik lebih banyak ke Website Anda dan berpotensi meningkatkan penjualan atau konversi.

Metode Search Engine Marketing

SEM menggunakan dua pendekatan utama:

  1. Search Engine Optimization (SEO). SEO berfokus pada optimasi website secara organik agar relevan dengan kata kunci target pencarian Pengguna. Dengan SEO yang baik, website Anda berpeluang muncul di peringkat teratas halaman hasil pencarian secara organik, tanpa mengeluarkan biaya.
  2. Search Engine Advertising (SEA). SEA menggunakan iklan berbayar di mesin pencari. Platform iklan seperti Google Ads memungkinkan iklan Anda akan muncul di bagian atas halaman hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

Secara teknis, SEM biasanya akan memulai Campaign dengan melakukan Keyword Researchdan memperhatikan iklan dari kompetitor. Campaigndalam SEM sendiri bisa meliputi : Search Ads, Shopping Ads, Display Ads, Gmail Ads, dan YouTube Ads. Saat Pengguna mencari Keyword tertentu di mesin pencari yang sesuai dengan bisnis kamu, disitulah mereka biasanya akan melihat iklan khusus di bagian atas SERP dengan penanda ikon “Ad” atau “Iklan”.

Strategi Beriklan

iklan yang ditampilkan melalui SEM bergantung pada kebijakan mesin pencari yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, perlu strategi yang tepat dan pengelolaan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari SEM

Untuk mendapatkan hasil SEM yang optimal, perhatikan beberapa langkah berikut ini :

  • Tentukan target Audiens (wilayah, usia, kategori minat, jam tayang iklan, dll)
  • Desain iklan yang menarik (Eye Catching)
  • Keyword yang dipilih sudah diriset dengan baik
  • Anggaran iklan
  • Review hasil Day to Day iklan yang sedang berjalan

Contoh SEM

Agar semakin mudah dipahami, kami ambil satu contoh sebagai berikut,

Perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat olahraga ingin meningkatkan trafik Website. Melakukan dua metode sebagai berikut :

  • SEO (Organic Optimization)
    1. Riset dan penggunaan kata kunci relevan seputar alat olahraga, seperti “beli sepatu lari”, “harga raket tenis terbaik”, dll.
    2. Membuat konten informatif dan berkualitas tinggi tentang berbagai alat olahraga.
    3. Membangun backlink dari website olahraga kredibel lainnya.
  • SEA (Paid Advertising)

Perusahaan menjalankan iklan berbayar di Google Ads:

    1. Membuat iklan yang relevan dengan kata kunci target, misalnya “sepatu lari pria terbaik”.
    2. Iklan tersebut akan muncul di bagian atas halaman hasil pencarian saat pengguna mencari sepatu lari.

Dengan menggabungkan SEO dan SEA, perusahaan ini sudah menjalankan strategi SEM yang komprehensif. Mudabersahaja siap membantu kedua metode tersebut untuk bisnis Anda.

Hubungi segera admin Muda bersahaja untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Sumber :