Artikel SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu strategi populer yang diterapkan banyak orang untuk menaikkan trafik Website atau Blog. Dampak positif penerapan SEO yang tepat pada artikel, maka lebih berpotensi muncul di halaman utama hasil pencarian Google. Semakin aktif membuat artikel SEO tentu memperbesar kesempatan pengunjung menemukan Website Anda. Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa menjadi pembahasan menarik bagi kami. Pada artikel ini Anda akan temukan beberapa perbedaannya.

Definisi Istilah

Merujuk pada penjelasan di awal,artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan mengikuti aturan SEO agar dapat ditemukan pada halaman mesin pencari secara organik. Tujuan berikutnya tentu saja untuk dapat menarik atau meningkatkan trafik pengunjung ke Website. Untuk mencapainya, artikel tersebut wajib memiliki Keyword untuk dioptimasi. Optimasi Keyword sangat penting agar lebih mudah terdeteksi algoritma mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dll.

Pada artikel SEO tujuan penulis fokus untuk memberikan informasi sesuai standar SEO dengan topic yang sering dicari oleh pengguna internet. Sebelum menulis, sangatlah penting untuk mencari tahu kebutuhan informasi yang sedang viral atau hangat diperbincangkan di dunia maya. Jika artikel pada Website memiliki relevansi satu sama lain, maka mesin pencari akan lebih mengenalnya dan menjadikannya rekomendasi bagi pengguna tersebut.

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Bila diperhatikan sekilas, artikel SEO dan artikel biasa akan terlihat mirip. Namun dalam penulisannya, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar artikel memenuhi standar SEO. Berikut ini hal-hal yang membedakan artikel SEO dengan artikel biasa.

Struktur Penulisan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Pada artikel biasa, penulis fokus kepada Judul, isi dan penulisan kata sedangkan artikel SEO memiliki struktur penulisan khusus yang berfokus pada Keyword, Heading dan Sub Heading. Keyword utama sebuah artikel harus tersebar secara merata di seluruh paragraf dengan intensitas 5-10%. Jika kurang atau lebih, maka Score SEO artikel akan tidak maksimal. Selain itu, Keyword utama juga harus muncul pada Sub Heading yang ada dalam sebuah artikel. Struktur seperti ini biasanya tidak ditemukan pada artikel biasa.

Alt Text

Hal lain yang harus dipenuhi pada Artikel SEO adalah “Alt Text” atau teks alternatif yang harus dilengkapi pada gambar yang akan dicantumkan pada artikel. Alt Text membantu Algoritma Google Image untuk mengetahui apa isi dari gambar tersebut. Artikel biasa tentunya kita jarang memperhatikan hal itu.

Pemilihan Keyword Utama dan Pendukung

Keyword menjadi elemen utama keberhasilan artikel SEO. Penulis artikel SEO tidak bisa asal menentukannya untuk sebuah artikel. Hal tersebut disebabkan bila Keyword yang digunakan punya Search Volume rendah, maka berdampak langsung pada Search Ranking nya. Dalam menentukan topik dan memilih Keyword, penulis bisa menggunakan bantuan Tools tertentu misalnya SEMrush, Ubersuggest, Ahrefs. Google Trend, dan lainnya. Keyword terbaik adalah yang memiliki Search Volume pencarian tinggi.

Keyword pendukung juga sangat disarankan. Pada artikel biasa, tentunya kita tidak fokus kesitu. Pilih kata pendukung yang masih terkait dengan topik artikel yang dibuat, agar kesempatan terindeks di halaman pencari dan trafik ke Website lebih optimal.

Meta Description

Berperan penting dalam mengoptimalkan artikel SEO. Meta Description dapat diartikan sebagai rangkuman dari keseluruhan isi artikel. Dalam meentukan isinya, Anda harus mencantumkan keyword dan deskripsi yang intinya mengajak User untuk melihat artikel. Meta Description sebaiknya ditulis dengan 160 karakter.

URL

URL atau link wajib dicantumkan dalam artikel SEO, minimal 1 internal Link Website atau bisa juga dengan External Link. Adanya Backlink akan memberikan referensi dan membantu artikel melalui proses index secara lebih cepat.

Semoga poin penting pada artikel ini bisa membantu sahabat ya. Bila berminat untuk diskusi atau belajar terkair pembuatan artikel SEO, bisa segera hubungi Admin Mudabersahaja